Chlorella & Sargassum

Ini tugas biologi gw tentang algae ;p . Entah kenapa Bu Artha kasih gw dua spesies padahal temen gw yang lain dapet satu doang :'( . Daripada membusuk di flashdisk gw, mending gw publish (semoga berguna)! Enjoy!

Sargassum sp.

 

Ukuran: panjang mencapai mencapai 1 – 3 m

Struktur

  • Sudah memiliki akar, helai-helai daun (menangkap cahaya matahari untuk berfotosintesis, struktur pengambang dan jaringan pengangkut (sudah menyerupai tumbuhan tingkat tinggi).
  • Eukariotik. Kloroplast berbentuk bulat, bulat panjang, seperti pita; mengandung klorofil A dan klorofil C serta beberapa santofil misalnya fukosantin. Cadangan makanan berupa laminarin dan manitol. Dinding sel mengandung selulose dan asam alginat.

 

Bentuk

Biasanya ditemukan dalam warna coklat, bentuknya seperti rumput laut pada umumnya. Tubuh selalu berupa thallus yang multiseluler, lembaran atau yang menyerupai semak yang dapat mencapai ratusan meter, terutama jenis-jenis yang hidup di lautan daerah beriklim dingin.

Sistem Reproduksi

Reproduksi marga Sargassum dapat dilakukan secara vegetatif dan generatif.

  • Reproduksi vegetatif dilakukan melalui fragmentasi yaitu potongan thallus berkembang melakukan pertumbuhannya. Cara ini banyak dilakukan untuk usaha budidaya.
  • Reproduksi generatif yaitu perkembangan individu melalui organ jantan (antheridia) dan organ betina (oogenia). Organ-organ tersebut terjadi dan berada dalam satu lobang yang disebut koseptakel. Antheridia maupun oogonia berada di atas sel tangkai yang tertanam pada dasar konseptakel. Dinding antheridia terdiri dua lapis di sebelah luar (exochite) dan sebelah dalam (endochite). Dinding oogonium terdiri tiga lapis di sebelah luar (exochite), bagian tengah (mesochite) dan bagian dalam (endochite). Secara umum reproduksi seksual makro algae coklat termasuk marga Sargassum ada beberapa tipe daur hidup antara lain :
    1. Haplobiontik diploid yakni individu melakukan daur hidup secara diploid.

Meiosis terjadi pada gamet (gametik meiosis) berkembang menjadi individu dewasa tipe daur hidup semacam ini banyak terdapat pada makro algae coklat dan hijau.

    1. Diplobiontik yaitu dalam proses pembiakan terdapat dua individu dalam daur hidup gametofit haploid yang menghasilkan gamet, dan sporofit diploid yang menghasilkan spora. Tipe daur hidup ini lebih umum terdapat pada makro algae coklat, merah dan hijau. Pertemuan antara dua gamet jantan dan betina akan membentuk zigot yang kemudian berkembang menjadi sporofit. Individu baru inilah yang mengeluarkan spora dan berkembang melalui meiosis dan sporagenesis menjadi gametofit

 

Peranan

·         Kandungan bahan kimia utama sebagai sumber alginat dan mengandung protein, vitamin C, tannin, iodine, phenol sebagai obat gondok, anti bakteri dan tumor.

  • Kandungan koloid alginat dari algae dalam industri kosmetik digunakan sebagai bahan pembuat sabun, pomade, cream bodylotion, sampo dan cat rambut.
  • Di industri farmasi sebagai bahan pembuat kapsul obat, tablet, salep, emulsifier, suspensi dan stabilizer.
  • Di bidang pertanian sebagai bahan campuran insektisida dan pelindung kayu.
  • Di industri makanan sebagai bahan pembuat saus dan campuran mentega.
  • Manfaat lainnya dalam industri fotografi, kertas, tekstil dan keramik.

 

Klasifikasi

Kingdom: Protista

Divisi: Phaeophyta

Classis: Phaeophyceae

Ordo: Fucales

Familia: Sargassaceae


Genus: Sargassum


Species: Sargassum sp.(bacciferum, natans, etc)



Chlorella

 

Ukuran: 0,2 µm

Struktur

  • Bersel tunggal (uniseluler)
  • Pigmen, klorofil a dan b, santofil, dan karoten, klorofil terdapat dalam jumlah yang banyak sehingga ganggang ini berwarna hijau rumput.
  • Hasil fotosintesis berupa amilum dan tersimpan dalam kloroplas.
  • Kloroplas berjumlah satu atau lebih; berbentuk mangkuk.
  • Dinding sel mengandung selulose, kuat dan tebal.

 

Bentuk

Bentuk tubuhnya seperti bola, berwarna hijau rumput.

 

Sistem Reproduksi

Perkembangbiakannya terjadi secara vegetatif dengan membelah diri.

 

Peranan

Karena mengandung Chloropyll, protein ( diatas 53 % ), Vitamin A yang mantap, Vitamin C  dan E, Biotin dan Chlorellin maka Chlorella memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, antara lain:

 

  • Sumber makanan baru
  • Obat-obatan untuk berbagai penyakit
  • Bahan kosmetik

 

Klasifikasi

Chlorella merupakan nama genus dari salah satu ganggang hijau (Chlorophyta). Terdapat banyak species dari genus ini.

 

Kingdom: Protista

Divisi: Chlorophyta

Classis: Chlorophyceae

Ordo: Chlorococcales

Familia: Oocystaceae

Genus: Chlorella

Species: Chlorella sp. (vulgaris, etc)

  

3 comments:

Marchella said...

egh...
ngga banget...
tugas bu artha??

Patty Regina said...

oh ini akan slalu kukenang spanjang masa XD

Marchella said...

ckckck...emak anak sama aja..