a crazy idea about Tarq and its exkul.

Gw ngerasa ini ide gila. Gila banget. Yang gw sendiri gak yakin bisa merealisasikan ataw gak, tapi segala sesuatu berawal dari sebuah keyakinan kan.?

Muncul idenya sih dari pertanyaan simpel di otak gw waktu gw buka http://casanova2009.com bagian Computer and Science Competition (CSAC). Apalagi tepat pagi harinya, Pak Sulis dengan superjelas di kelas bilang bahwa di bidang itu Tarq kurang eksis. Gw bertanya dalam diri gw:

"Kenapa Tarq gak pernah kedengeran kabar beritanya dalam bidang Computering.? Both kabar keikutsertaan maupun kemenangannya.?"
Trus gw mikir jawabannya sendiri (aneh ya gw, nanya sendiri jb sendiri):  "karna gak ada EXKULnya!"

Kebetulan sekali, taon ini gw mendapatkan posisi sangat menyenangkan dalam teman-teman gw di kelas. Untuk pertama kalinya. Once in a lifetime. Gw ketemu partner kerja yang cocok ma gw, dalam berbagai hal, dan bisa ngertiin point of view gw. Baik dalam art, science atau computering. That's it. This guy is William Gozali (atau biasa disebut Dewa Kelas saking pinternya). Gw gak mikir dia dari segi pinternya, tapi dari seberapa ngertinya dia tentang jalan pikir banyak orang. Dia terbuka, kritis pula. (alah gw jadi curhat nih..). Nah, gw sempet ngobrol di kelas soal rencana ini sama dia tadi pagi, dan sekian menit yang lalu akhirnya kita menyusun program kerja. Hehehe..

Jadi, secara garis besar. Dalam ekskul ini kegiatannya antara lain:

ART:
  • Statis (non-moving):
  1. Photos retouching
  2. Manipulating
  3. Digital Colouring
  4. Digital Drawing
  5. Digital Design (Vector, poster, etc)
  • Bergerak (moving):
  1. Cartoon Animating (emoticon, moving character/avatar, dll)
  2. Ads Animating
PROGRAMMING:
  • Pascal
  • Action Script (For flash--bwt bikin game / Game Developing)
  • Visual Basic
  • HTML (processing, kok Tarq 2 gak ada websitenya.? Tarsat aja ada..)
Samples (biar ada bayangan kita bakal menghasilkan apa sih.?) -- just clickclick!

many more here and here

Untuk Programming tingkat expert (apalagi yang pascal + VB) mungkin kita akan cari bantuan orang lain (misal: Pak Agus). Tapi kalo untuk Basic + Advance masih bisa dihandle.

Untuk lokasi, kita coba pinjem Lab. Komputer (kalo disetujui).

Survey lapangan menyatakan lumayan banyak yang tertarik ikutan ini, dengan berbagai alasan tentunya. Mayoritas sih alesannya karna maw belajar (secara pascal itu kan ada di kurikulum belajar gitu, masa gak maw nilainya bagus.?), edit-edit foto biar keren (fan girling mode on), ataw yang emang dasar demen gambar yah pasti pengen dong gambar-gambarnya itu masuk komputer dan jadi digital kayak yang biasa ditonton orang di TV.?

Secara gak mungkin kan dari sekian ratus orang di Tarq gak ada yang berminat/pada dasarnya insting talentnya itu menarik dia untuk ke bidang ini. Dan kita gak bertujuan untuk mengubah orang-orang menjadi 'Computer Freak' sama sekali. Apalagi beberapa orang yang mendukung ide ini tuh lumayan reliable untuk share-share pengetahuan dalam bidang ini. Hehehe.. Tujuan utama ekskul ini adalah supaya para Tarqins bisa maju dalam Computering, baik sekedar hobby maupun yang emang berniat mendalami sampe "pro".

Yang paling susah yah ijinnya yah, ntah deh sama orang-orang berpengaruh di lingkungan sekolah ini disetujui atau tidak. Apalagi sekarang semua anak Tarq sadar kalo dengan sistem sekolah saat ini, berbagai kegiatan sulit untuk mendapat ijin.

Yah, gw berharap ada yang memberi komentar, kritik atau saran. I really appreiated it. Thanks.

16 comments:

Anonymous said...

nice idea,
cb aj d wujudin
klo dpt ijin kan lmyn
lo org yg jd pncetsu
wkkwkwkwkwkwk..
good luck Y !
smoga dpt ijin n bnr" bs d realisasikan
=)

Anonymous said...

Hahahaha, jgo lah Pat, mau jadi ahli komp yah?? ^^
Ciaa youuu.. Hehe..

Patty Regina said...

cita-cita itu ada untuk diwujudkan kan.?
hahahhaa..
meskipun ini bukan cita-cita prioritas gw sih.
tapi Gozali kan cita-citanya ini.
heheheh..

Anonymous said...

setahu gw, ada syarat2 tertentu buat bikin excul...
dan blm tentu gratis, karena guru blm tentu pake guru komp...
lumayan sih excul komp, tapi komp itu perlu dipelajari sendiri kalau menurut gw, di skul gk efisien buat belajar... murid2 malah maen inet, dan gk belajar. palingan belajar bentar, dan itu pun yg gk berat2 amat.

emang dari dasarnya musti dikumpulin anak2 yang serius di bidang ini buat bikin exkulnya.

Patty Regina said...

justru nanti kyknya guru pendamping cm sangat diperlukan u/ programming tingkat expert, den.
kalo soal keseriusan, gw rasa yg ikut nanti yah yang serius-serius lah.
kita juga kontrolin dong pastinya (gak kayak pak agus yg cm dr meja trus gak marahin anak yg buka inet--well gw suka yg satu ini).

mereka belajar di rmh emg bagus. tp gak smua org bs belajar otodidak, apalagi tanpa basic.
itu sih menurut gw..

Just Stef said...

eh pat krena gw bagian dari klub komputer (programming) smuki c gw taw jadinya qlo bnyk yg cuma maen" nampang nama (kan kesannya qren "anak lomba" gitu pdahal sama jha kyk anak laen)...akhirnya y cuma ada brapa nak gt yg bisa..dan maw y tentunya...hoho

gw bersedia bantu sebisa gw dan qlo ada waktu berhubung di sini bnyk hal merepotkan seperti tugas dan ulangan yg SUPER bnyk...xD

dan tentunya qlo soal ngajar mengajar gw jg bisa, apalagi qlo teknik dasar-menengah fotografi/ cinematografi/ photoshop/ concepting/ dll....hoho

feel free to contact me :D

Patty Regina said...

okok!
jaman sekarang teknologi pengajar dah gak harus selalu di tempat :D.
gw akan coba in corporate sama lo bwt tutor2 fotografi.
hehe :D
thx for ur supports ste :)

Just Stef said...

tutor lewad skype?
kren tuh xDDD

Patty Regina said...

glaa haha.
btw gw gk punya skype :(

Just Stef said...

Iyah maksudnya lewad audio visual mengajar gitu...hahahagh

Anonymous said...

haha..boleh juga sih sebenarnya..
tapi klo design2 gitu, apa kompie sekolah sudah cukup 'lumayan' khususnya vga-nya. Terus sapa dan mau ga ngajarinnya..haha..

well, intinya prosedur klo mo bikin excul sih emank susah..selain anak2 yg mo ikut, fasilitas, proposal, visi-misi, dkk. Kalau urusannya sama komputer paling yg susah itu fasilitiasnya.

Terus biasanya excul itu selain bljr juga harus nunjukkin karya, mis: E-Newsletter, design web, buat forum, design poster, dkk..banyak sih media buat implementasinya, tinggal diniatin aza..hehe

Just Stef said...

//For Johan~san//
hooho SALAH BESAR qlo vga pengaruh untuk gnian....
justru vga onboard sudah sangat mencukupi, kcuali untuk desain 3D yah perlu vga yang kuat (multi monitor perlu vga yg relatif kuat tapi sebuah onboard masa kini udah sangad mencukupi jug wkwk

..tapi selain itu ga, vga byasanya untuk gamers...
ituw salah satu hal yg orang kadang salah paham...

processor sih diatas 1,6ghz pentium 4 dan ram qlo bisa diatas 512mb..
diharapkan malah 1gb...
malah qlo ada virus kadang 1gb pun termakan...=.="
tp qlo cleanc gpp
gitu jha c :D

Patty Regina said...

soal software + spec laen.
smwa sudah terinstall software2 yg dibutuhkan dlm proses ini (macromedia flash, PS, pascal) ya tinggal +visual basic.
rata2 dah i test dan berjalan lancar kok.
PS yg agak berat aja lumayan lancar.

design, well.
qta gak langsung *jebret* belajar yg God-like kok.
step by step karna menurut i mayoritas anak yg berniat adalah anak yang:
"gw punya ide mau gini gini dan gini, tapi gw gak ngerti caranya gimana"

so.. yang lebih qta tekankan adalah basic-basic tiap software.
kalo mereka sudah bisa baru deh akan coba yg advance :D

tenaga pengajar.
i sudah mendapatkan tenaga pengajar u/ semi advance photoshop (digital coloring/drawing, basic photo retouching), basic programming pascal, advance programming VB, advance flash, advance HTML!
dan knapa smwa nya masih advance.?
karna yg ngajar jg anak2 tarq sendiri bukan tenaga luar.
dan i sudah melakukan research seberapa jauh kemampuan mereka sehingga bisa ajarin org lain.
bukan untuk menggurui, tapi berbagi ilmu. :)

any other.?

Anonymous said...

R u tryin to persuade me???
Gw udah punya rencana sendiri neh selama tahun depan...
tapi ide u keren koq...
good luck with Gozali!

Ten Ryu said...

nice... mungkin negara ini butuh orang2 macem u untuk bisa maju. Good luck and don't quit! :D

Patty Regina said...

@marchie
not really.
I won't force if u don't really want to join us :)

@tenryuu~
makasihh x3
saia tersanjung dan berusaha untuk tetap bersikeraass!